Bupati Karawang Bersama Punggawa Sedang Rapat Diklat

 Keperluan Diklat Dialokasikan Rp 5,04 M di  APBD 2012

KARAWANG -  Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang telah mengalokasikan anggaran untuk keperluan Diklat mencapai Rp. 5,04 miliar pada APBD Tahun 2011.  Bupati i telah memanggil kepala kantor beserta seluruh jajaran Kantor Diklat Kabupaten setempat  guna melakukan evaluasi terkait berbagai kegiatan diklat yang telah diselenggarakan sepanjang tahun 2011.
Ini dikatakan BupatiKarawang, Rabu (21/12) dalam pelaksanaannya, kegiatan diklat sendiri tidak serta merta dilaksanakan begitu saja, melainkan setiap kegiatan diklat yang dilaksanakan diharuskan memenuhi tiga prinsip utama, yaitu urgensi, berdaya guna dan berhasil guna, serta antisipasi. Prinsip urgensi sendiri dilakukan dalam upaya menyelenggarakan diklat yang benar-benar penting bagi pengembangan organisasi maupun sumber daya manusia aparatur dan non aparatur.
Sedangkan melalui prinsip berdaya guna dan berhasil guna, kegiatan diklat yang dilaksanakan harus memiliki output dan outcome yang bermanfaat bgi kelancaran penyelenggaran tugas-tugas seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), dengan penggunaan biaya seefisien mungkin, serta mendukung pencapaian visi dan misi pemerintah daerah. Sementara melalui prinsip Antisipasi, kegiatan diklat yang diselenggarakan harus mampu mengantisipasi perkembangan dinamika pelaksanaan tugas.
Dari berbagai kegiatan diklat yang telah dilakukan, Diklat Prajabatan bagi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan diklat yang diikuti oleh paling banyak peserta. Sedikitnya sebanyak 241 CPNS telah mengikuti diklat prajabatan sepanjang tahun 2011. Mereka terdiri dari 87 CPNS golongan II dan 156 CPNS golongan III, yang dibagi menjadi 6 angkatan/gelombang. Penyelenggaraan Diklat Prajabatan sendiri diharapkan dapat menciptakan CPNS yang memiliki kompentensi yang sesuai untuk dapat diangkat menjadi PNS.
Selain prajabatan, Pemerintah Kab. Karawang pun telah menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan (Diklat PIM) di berbagai jenjang. Untuk tahun 2011, sebanyak 78 PNS telah mengikuti diklat tersebut, yang antara lain terdiri dari 4 orang mengikuti Diklat PIM Tingkat II, 32 orang mengikuti Diklat PIM Tingkat III, dan 40 orang mengikuti Diklat PIM Tingkat IV. Melalui diklat tersebut, diharapkan dapat menciptakan PNS yang memiliki kompetensi kepemimpinan yang sesuai dengan jenis dan jenjang jabatan struktural yang ada.
Kegiatan diklat lainnya yang telah diselenggarakan Pemerintah Daerah adalah sejumlah diklat teknis, yang antara lain Bintek Penyusunan Renstra yang diikuti 70 peserta, Bintek Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah diikuti 40 orang, Diklat Analisis Jabatan diikuti 40 orang, Diklat Satpol P diikuti 40 orang, serta Diklat Pengelolaan Perpustakaan yang diikuti 40 orang. Diklat Teknis ini diselenggarakan untuk menciptakan pengetahuan, wawasam dan keterampilan teknis yang sesuai dengan kompetensi teknis yang diperlukan. (jayadi)

Subscribe for latest Apps and Games