IBU NEGARA TANAM POHON DI CIPULE – KARAWANG 

"Ruang Terbuka Hijau Bagi Penyerapan Air Di Perkotaan". 
KARAWANG -  Guna mengurangi pemanasan global hingga 26 persen, Hj. Ani Bambang Yudhoyono,  Herawati Boediono dan 7 Organisasi Wanita serta Gubernur Jawa Barat dan Bupati Karawang beserta unsur Muspida Bersama melakukan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) tahun 2011 di Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat, Jumat. (2/12)
            GTPTPP tahun 2011 telah dimulai sejak tanggal 19 dan 29 Nov 2011 yang lalu yang dipimpin oleh Ibu Linda Agum Gumelar selaku Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, hingga hari ini total pohon yang ditanam sebanyak 6200 pohon, dipilihnya lokasi ini mengingat situ cipule ini adalah salah satu tempat diselenggarakannya Lomba Dayung pada Sea Games ke 26, dan lokasinya yang gersang, panas, dan penuh dengan eceng gondok.
              Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan dalam sambutannya mengucapkan Selamat datang di Karawang Jawa Barat dan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini semoga kehadiran Ibu Negara akan memberikan pencerahan dan kontribusi yang nyata bagi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat umumnya dan Karawang khususnya.
              Dalam sambutannya Ibu Negara mengatakan bahwa Tujuan GPTPP di Karawang ini adalah untuk meningkatkan penyerapan air dengan perluasan ruang terbuka hijau perkotaan, mendorong ditingkatkannya hutan kota bagi paru-paru perkotaan, penyerapan air dan wisata masyarakat, peningkatan pertanian perkotaan bagi ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi keluarga, dan memelihara kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan sejak awal.
                Lebih lanjut  Ani Yudhoyono mengatakan bahwa Penanaman pohon ini merupakan Bagian dari Program semilyar pohon yang ditargetkan pemerintah. Selama beberapa tahun kedepan, pohon ini diharapkan bisa menjadikan situ Cipule semakin hijau dan rindang, dan semua masyarakat Indonesia tahu bahwa Situ Cipule adalah salah satu lokasi yang digunakan untuk perlombaan Dayung pada SEA Games ke 26 Indonesia. Situ Cipule dengan luas 96 hektar ini dipuji oleh atlet internasional sebagai salah satu danau terbaik untuk venue dayung. Kedepannya, ia berharap situ Cipule bisa dijadikan objek wisata yang bertaraf nasional bahkan international mengingat Situ Cipule ini menjadi saksi bisu perolehan medali emas pertama di ajang SEA Games yanglalu, Ibu Ani juga menghimbau kepada Pemerintah Daerah agar Situ Cipule dipelihara kebersihan dan keindahannya, dan hari kita akan di menebar 500 ribu benih ikan, dan nantinya ikan-ikan ini bisa dimanfaatkan/dipancing untuk warga masyarakat sekitar, jangan ada krambah yang dimonopoli oleh sekelompok orang. Ucapnya.
               Ani juga menyampaikan bahwa  kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif guna melestarikan alam yang hijau dan asri dan salah satu bentuk mengkampanyekan kebersihan sungai jangan sampe ada “helikopter”, dan berharap kepada Pemerintah Daerah agar memberikan penyuluhan dan mensosialisasikan agar setiap rumah harus ada MCK, atau dibuatkan MCK umum. Karena Apabila Kita Cinta dan Menjaga Bumi maka Bumi akan Mencintai dan Menjaga Kita Ungkapnya.
               Usai membuka secara resmi Ibu  Ani Yudhoyono langsung menuju dan  menanam pohon kenari sedangkan Ibu Herawati Boediono menanam pohon melinjo, Bupati Karawang H. Ade Swara menanam pohon Mangga, Wakil Bupati Karawang dr. Cellica menanam pohon Petai. usai menanam pohon rombongan kemudian menebar benih ikan dan meninjau Mobil Pintar, Sehat, Kreatif, dan Hijau.
Tema yang diusung adalah "Ruang Terbuka Hijau Bagi Penyerapan Air Di Perkotaan". Turut menanam bersama Ani Yudhoyono dan Herawati Boediono adalah sekitar 1.000 orang yang berasal dari beragam kalangan.
           Dalam wawancaranya Bupati Karawang H. Ade Swara mengatakan terkait dengan himbauan ibu Negara, pada prinsipnya adalah sama, Pemerintah Daerah terus berupaya untuk memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk, dan pada hari ini kita menyaksikan bahwa Karawang telah dipilih menjadi lokasi GPTPP tahun 2011, juga insya Allah akan di Bangun Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan, Pelabuhan Cilamaya dan Bandar Udara, namun semua butuh kesiapan, dan berharap semua itu tidak lain adalah demi untuk Kesejahteraan masyarakat Karawang. Pungkasnya.**
   

Subscribe for latest Apps and Games