Pemkab Malah Prioritaskan PJU
40 000 KK Tahun 2013 di Karawang Belum Nikmati Penerangan Listrik

KARAWANG - Sedikitnya 40. 000 KK(Kepala Keluarga) yang tersebar di perkotaan dan pedesaan Kabupaten Karawang Tahun 2013 belum nikmati penerangan listrik. Anehnya, pihak Pemkab malah memprioritaskan PJU(Penerangan Jalan Umum) di titik-titik tertentu, yang nota benenya penerangan tersebut hanya dinikmati kelompok-kelompok tertentu.
          Warga Kabupaten Karawang yang belum menikmati aliran listrik ke rumahnya, memohon kepada pihak yang berkompeten di negeri lumbung padi ini agar pada tahun 2013 tempat tinggalnya bisa "Caang"(terang). Kemudian khusus bagi warga yang tinggal di pedesaan, jika rumahnya sudah mendapat aliran listrik, katanya, selain perkampungannya berharap tidak gelap gulita lagi juga dengan aliran listrik tadi bisa menggerakan ekonomi kerakyatan terkait dengan dilakukannya aktivitas usaha.
          Menurut Sahwani, warga desa di wilayah Kecamatan Pedes, belum tersentuhnya sejumlah rumah oleh aliran listrik di rumahnya, kendalanya selain terkait dengan biaya bagi keluarga miskin, juga terkendala oleh medan menyusul sulitnya sarana menyambungan. " Memang ke perkambangunan tempat tinggal kami belum kelihatan tiang listrik, sehingga hal itu menjadi kendala untuk memohonan penyambungan listrik jika dilakukan pribadi-pribadi," ujar Sahwani.
          Dalam hal ini, kata Sahwani, agar sarana dan prasarana untuk mengalirkan listrik ke perkampungan kami, tampaknya harus domotori oleh prangkat dari mulai desa hingga kecamatan melalui sinergitas aspirasi DPRD. Kemudian guna meringankan beban warga yang hingga 2013 belum menikmati penerangan listrik, anggota DPRD Karawang yang membawahi daerah-daerah pemilihan(Dapil), harus memperjuangan daba APVD agar diprioritaskan khusus penerangan listrik tersebut. " Para anggota DPRD melalui proyek aspirasi yang hanya memperjuangan jalan, jembatan dan gedung, tetapi sekitar penerangan listrik-pun harus juga diperjuangkan," ujar Sahwani dan Husen Pribadi, penduduk di Kecamatan Pedes.    
         Terkait dengan program PJU Pemkab, kata Sahwani dan Husen Pribadi, seharusnya dilakukan pemerataan dan jangan seperti terjadi sekarang ini menjadi jomplang pelaksanaannya. betapa tidak jomplang, kata Husen dan Sahwani, proyek PJU yang dilaksanakan belakangan ini hanya di sekitar perkotaan di titik-titik tertentu di sepanjang jalan menuju rumah orang-orang berpengaruh.
           Sementara itu, anggota DPRD Karawang, Muchtar, Rabu(3/4) di gesung DPRD membenarkan sekitar 40.000 KK atau rumah tersebar di wilayah perkotaan dan pedesaan di tahun 2013 ini, belum menikmati penerang yang bersumber dari aliran listrik. Menurut kondisi tersebut, kata Muchtar, pihaknya telah menghimbau kepada pihak desa dan Camat agar melakukan pendataan terhadap warga yang hingga kini belum menikmati penerangan listrik." Jika perlu warga yang belum rumahnya tersentuh aliran listri di data bes-kan, guna memudahkan usulan pihak DPRD nanti," ujar Muchtar, seraya menjelaskan dari 40. 000 KK yang belum menikmati penerangan listrik tadi, 3000 diantaranya di tahun ini bakal dibangunkan sarana dan prasarana agar segera rumahnya "Caang"(terang).

Subscribe for latest Apps and Games