BUPATI : PENINGKATAN KESEJAHTRAAN LANSIA BUKAN TANGGUNG JAWAB PEMKAB, TAPI SEMUA HARUS IKUT TERLIBAT

 KARAWANG - Bupati Karawang, H. Ade Swara, Jumat (24/6)  mengatakan, Hari Lanjut Usia senantiasa diperingati setiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten Karawang, melalui dinas sosial. Hal ini dilakukan dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan sumber daya manusia lanjut usia yang ada di Kabupaten Karawang.
        “Namun demikian, upaya memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan lansia tersebut bukanlah tanggung jawab Pemerintah Daerah semata, melainkan juga tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.
Lebih lanjut Bupati mengatakan,  peran serta keluarga, masyarakat, dan lembaga lainnya sangat diperlukan dalam upaya pemberdayaan para lanjut usia, sehingga mereka tidak selalu bergantung pada orang lain. Dengan adanya peran serta komponen masyarakat lainnya tersebut, para lanjut usia diharapkan dapat semakin mandiri. “Serta tetap mampu untuk ikut serta dalam mengisi program-program pembangunan di Kabupaten Karawang,” jelasnya.
Bupati melanjutkan, bahwa dirinya atas nama pribadi, pemerintah daerah, dan seluruh masyarakat Kabupaten Karawang memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para lanjut usia yang telah ikut berpartisipasi dalam proses pembangunan di Kabupaten Karawang. Tentunya para lanjut usia tersebut patut diberikan apresiasi dan penghargaan tersebut, karena tanpa sumbangsih mereka, kondisi karawang terus semakin maju ini tidak akan mungkin terwujud.
Olej karena itu, lanjut Bupati, dengan adanya peringatan Hari Lanjut Usia ini diharapkan dapat semakin menyadarkan semua pihak akan keberadaan para lanjut usia. Dengan semakin meningkat kesadaran tersebut, diharapkan dapat tercipta adanya keterpaduan antara pemerintah daerah dan masyarakat guna menyusun langkah-langkah terbaik dalam meningkatkan kualitas kesejahteraan lansia.
Di sisi lain, Bupati Ade Swaraa juga memberikan apresiasi kepada panitia cabang Dinas Sosial Kabupaten Karawang, Komisi Daerah Lanjut Usia Kabupaten Karawang, Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI), serta para sesepuh pengurus Pepabri, PWRI, LVRI, dan DHD 45 yang telah turut berpartisipasi dalam mensukseskan peringatan hari lanjut usia tingkat Kabupaten Karawang kali ini.
Sementara itu, Wakil Bupati Karawang yang juga merupakan Ketua Komda Lansia Kab. Karawang mengatakan, tema peringatan Hari Lanjut Usia kali ini adalah memperkuat koordinasi masyarakat di dalam pemberdayaan lansia. “Adapun sub tema peringatan adalah meningkatkan penanganan lansia miskin dan terlantar menuju terwujudnya kesejahteraan lansia secara menyeluruh,” tuturnya.









Subscribe for latest Apps and Games