.






Bupati Akan Tetap Pertahankan Karawang Berpredikat Lumbung Padi

 KARAWANG -  Guna memujudkan struktur ekonomi kerakyatan Kabupaten Karawang sebagai lumbung padi akan tetap dipertahankan. Hal ini karena kabupaten masih   mempunyai  luas baku lahan sawah 97.529 hektar terdiri dari lahan pengairan teknis seluas 85.513 hektar, pengairan setengah teknis 4.009 hektar, pengairan sederhana 3.620 hektar dan tadah hujan 3.952 hektar, merupakan alternatif pilihan yang diharapkan mampu berperan sebagai penyelamat sub sektor tanaman pangan.
            Ini dikatakan Bupati Karawang, H. Ade Swara. Dia menambahkan, khususnya di sisi lain , kabupaten karawang saat ini pun terus berkembang sebagai daerah industri, dimana saat ini karawang memiliki areal kawasan industri yang cukup luas yaitu sekitar 19.055 hektar. Ini  terdiri dari :kawasan industri 5.837 hektar, kawasan industri khusus 8.100 hektar dan zona industri 5.117,6 hektar. namun demikian, keberadaan industri tersebut dipastikan tidak akan menggerus lahan pertanian yang ada, karena perkembangan kawasan industri di Kabupaten Karawang diarahkan pada lahan-lahan marjinal yang kurang produktif.
          Oleh karena itu, menurut Bupati untuk meningkatkan dan melaksanakan pembangunan di kabupaten karawang, pemerintah daerah telah menetapkan visi pembangunan yaitu “Karawang Sejahtera Berbasis Pembangunan Berkeadilan dilandasi Iman dan Taqwa”. Dia  juga berharap kepada Menko Perekonomin,Menteri Pertanian dan Khususnya Menteri Kelautan bahwa Karawang telah siap dijadikan sebagai Daerah yang menjadi Pusat Studi Kelautan bahkan kami telah menyiapkan Lahan untuk di Buka Universitas Kelautan. Oleh karena itu mohon dukungan dan dorongannya, semoga rencana ini akan segera terwujud. Imbuhnya.
          Sementara Menko Perekonomian Hatta Rajasa mendengar sambutan Bupati Karawang, Hatta Rajasa saat berkunjung ke Karawang meminta Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Karawang menjaga lahan pertanian agar tidak dikoversi untuk pengunaan lainnya, karena akan sangat membahayakan ketahanan pangan di dalam negeri. Hatta meminta pemerintah daerah untuk tidak mengizinkan alih fungsi lahan pertanian untuk peruntukkan lainnya, dan Alhamdullah ini sudah di Lakukan di Kabupaten Karawang. .
         “Tolong dipertahankan [lahan pertanian yang ada], kalau bisa ditambah,” ujarnya saat tanya jawab dengan petani Karawang dalam kunjungan kerja Safari Ramadhan Menko Perekonomian, hari ini. Dia mencontohkan Karawang yang memiliki lahan pertanian 97.500 ha dengan produksi padi mencapai lebih dari 1 juta ton per tahun. Dia menegaskan agar izin penggunaan lahan pertanian tidak akan diberikan bupati untuk keperluan apapun, karena lahan itu merupakan lahan pertanian. Hatta menambahkan dana untuk sektor pertanian diperkirakan mencapai Rp63,8 triliun pada 2012, sehingga jika lahan pertanian dikonversi, maka anggaran menjadi sia-sia," ucapnya. **
         

Subscribe for latest Apps and Games