Tekad Muda-mudi Tempuran, Katakan Tidak untuk Putus Belajar

Muda-Mudi Tempuran Antusias Ikut Belajar Paket B

Peserta Bertekad, Tidak untuk Putus Belajar.


KARAWANG - Katakan tidak putus belajar, itu merupakan tekad muda-mudi di pedesaan wilayah Kecamatan Tempuran. Mereka yang usia belajar dan tak mempunyai kesempatan untuk mengikuti di sekolah formal, guna mengejar ketertinggalan langsung banting setir masuk belajar di tahapan kelompok paket B dan paket C.
         Keseriusan usia belajar putus sekolah formal tersebut, terlihat pada pelaksanan ujian paket B (setara sekolah SLTP) di wilayah Kecamatan Tempuran. Pada pekan bulan Mei 2016, setidaknya ada 4 ruangan di SDN Pagadungan I, dipakai pelaksaan ujian paket B dari peserta beberapa peserta kelompok belajar.
         Peserta ujian paket B di wilayah kecamatan Tempuran, dimungkinkan berbeda dengan wilayah kecamatan lain di Kabupaten Karawang. Kenapa demikian?, karena pesertanya mayoritas usia belajar setingkat SLTP. " Kelihat peserta ujian paket B di SDN Pagadungan I, Desa Pagadungan Kecamatan Tempuran, usia Manula-nya bisa dihitung dengan jari," ujar Endang, penduduk Desa Pagadungan.
         Dalam hal ini, kata Endang, ada beragam pengakuan dari peserta ujian uang usianya masih muda-mudi tersebut, dimana mereka ikut belajar di paket B karena ingin melanjutkan belajar ke paket C secara SMA. Dan diantara mereka juga ada yang berniat untuk masuk sekolah formal di tingkat SLTA di Kabupaten Karawang.
        Menurut Endang, tekad para peserta ujian belajar paket B, katanya, dalam mengerjar ilmu sangan sampai ketinggalan, jika tidak bisa di sekolah formal ya masuk belajar paket B atau C yang kesetaraan legalitasnya diakui pemerintah.
         Salah seorang pembimbing paket B di Desa Sumberjaya, Kecamatan Tempuran, Ae, menjelaskan, mereka yang usia belajar tidak mendapat kesempatan untuk sekolah di negeri tingkat SLTP dan SLTA, sangat antusias untuk mengikuti belajar di paket B dan C yang dikelolanya. Ini juga bisa dibuktikan lewat keseriusan pelaksanaan belajar dan ujian, dimana tingkat kehadiaran peserta cukup memuaskan. (jay)

Subscribe for latest Apps and Games