PKK Karawang Gelar Lomba Cipta Menu 3 BA

PKK Karawang Gelar Lomba Cipta Menu 3 BA dan Hasil Olahan Ikan
KARAWANG -  Dalam menyambut Hari Pangan Sedunia Ke-31, Tim Penggerak PKK Kabupaten  Karawang menggelar Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Berimbang dan Aman (3BA) serta Hasil Olahan Ikan. Lomba yang digelar di Plaza Pemda setempat  dibuka secara langsung oleh Bupati Karawang, H. Ade Swara dan Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Nurlatifah, Selasa (24/5).
Lomba yang diikuti oleh 30 (tiga puluh) Tim Penggerak PKK Tingkat Kecamatan sekabupaten Karawang tersebut, para peserta diharuskan menyajikan makanan dengan menu 3BA untuk satu hari penyajian, yaitu sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. Selain itu, para peserta pun wajib menyertakan menu hasil olahan ikan dalam makanan mereka.
Bupati Karawang, H. Ade Swara dalam kesempatan tersebut menilai bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Pengerak PKK Kab. Karawang tersebut sangat positif, khususnya untuk mendorong masyarakat untuk senantiasa mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi, berimbang, dan aman. “Saya berharap kegiatan in dapat terus dipertahankan di kemudian hari,” ujarnya.
Lebih lanjut Bupati mengatakan, rutinitas dan mengkonsumsi makanan hasil olahan ikan setiap hari pun tidak kalah penting, dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. “Sebagaimana kita ketahui, masyarakat Jepang rutin mengkonsumsi ikan mentah, dan hasilnya kualitas sumberdaya manusia mereka pun sangat pintar dan pandai,” jelasnya
Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Karawang, Hj. Nurlatifah menambahkan, makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Perkembangan dan pertumbuhan manusia akan terbentuk sesuai dengan apa yang dimakannya, sehingga kualitas sumberdaya manusia dipengaruhi oleh makanannya. “Pembangunan suatu bangsa pun bergantung pada kualitas SDM nya, yang secara langsung ditentukan pula oleh kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsinya,” ujarnya.
Hj. Nurlatifah melanjutkan, pentingnya kualitas makanan pun terlihat dari banyaknya ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang makanan dan tata caranya. Di dalam Al-Quran selain makanan tersebut harus halal, kita pun dianjurkan untuk memakan makanan yang cukup dan tidak berlebih. “Di sisi lain, variasi makan pun sangat penting guna mencegah kebosanan serta memenuhi kebutuhan gizi yang beragam,” tambahnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Lomba, Hj. Nana Tedja menjelaskan bahwa para juri dalam lomba ini diantaranya adalah ahli gizi dari Dinas Kesehatan Kab. Karawang, serta sejumlah instansi terkait lainnya. “Juara pertama pada lomba ini selanjutnya kan menjadi wakil Kab. Karawang dalam lomba di tingkat Provinsi Jawa Barat,” tambahnya. (jayadi)

Subscribe for latest Apps and Games