PRAMUKA HARUS MAMPU JAGA KEUTUHAN NKRI DAN PANCASILA

KARAWANG - Ketua Kwartir Ranting Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat yang juga Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf Effendi menegaskan bahwa gerakan pramuka merupakan salah satu gerakan yang harus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila. Kenapa demikian?, karena di dalam wadah dan tubuh Pramuka seluruh anak bangsa dari berbagai suku dan wilayah di situ menjadi perekat persatuan serta  kesatuan.
             Hal tersebut ditegaskan beliau saat melantik jajaran Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Kwartir Cabang (Kwarcab), dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kab. Karawang Masa Bakti 2011 – 2016, Kamis (16/6).
Lebih lanjut Dede mengatakan,  Pramuka, merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter, yang mungkin tidak dapat dipelajari dalam pendidikan formal di sekolah. “Untuk itu, saya berpesan kepada para kakak yang baru saja dilantik untuk senantiasa mengingat bahwa dalam gerakan pramuka terkandung tanggung jawab pendidikan yang sangat besar,” tuturnya.
Di sisi lain, Bupati Karawang, H. Ade Swara yang baru saja dilantik sebagai Ketua Mabicab Kabupaten Karawang mengatakan, ada beberapa nilai yang dapat menjadi bagian dalam kerangka kerja pengurus pramuka, yaitu nilai keutamaan, nilai keindahan, nilai kerja, nilai cinta tanah air, nilai demokrasi, nilai kesatuan serta nilai kemanusiaan. Nilai-nilai diatas merupakan bagian integral yang dapat dipertimbangkan dalam pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada berbagai jenjang. “Untuk itu, jajaran pengurus gerakan pramuka harus berperan aktif, agar keberadaan pramuka dapat memberikan kontribusi maksimal bagi pembangunan karakter bangsa,” ujarnya.
Bupati menambahkan, terdapat 9 pilar karakter utama dalam pramuka, yaitu : cinta tuhan dan segenap ciptaan-nya, kemandirian dan tanggungjawab, kejujuran/amanah bijaksana, hormat dan santun, dermawan, percaya diri, kepemimpinan, baik dan rendah hati, serta toleransi kedamaian dan kesatuan. “Gerakan pramuka di Kabupaten Karawang harus mampu memberikan kontribusi yang maksimal bagi pengembangan sumber daya manusia,” tambahnya.
Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten. Karawang yang baru saja dilantik, Hj. Nurlatifah mengatakan, gerakan pramuka merupakan gerakan kepanduan nasional yang lahir mengakar di bumi nusantara. Gerakan pramuka mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisiknya sehingga menjadi berkepribadian dan berbudi pekerti luhur yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

 Hj. Nurlatifah, menambahkan, kita bisa meletakkan pendidikan moral dalam kerangka pendidikan karakter bangsa. Diantaranya adalah dengan memberikan pembekalan nilai-nilai kehidupan kepada anggota muda, menyediakan pembina-pembina pramuka yang berkualifikasi tepat, berkomitmen kuat terhadap tugasnya, mengembangkan organisasi dan sistem yang lebih baik dan efektif, mengupayakan kemandirian dana serta menjadikan gerakan pramuka sebagai perekat bangsa. (jayadi)

Subscribe for latest Apps and Games