PARA ATLIT DAYUNG YANG SUDAH MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK TANDANG DI EVENT BERGENGSI SEA GAMES 2011

 DAYUNG CIARENAPULE KARAWANG DIPERSIAPKAN SEA GAMES 2011

KARAWANG -  Guna  menguji kesiapan penyelenggaraan, infrastruktur, dan kepanitian digelar  pertandingan dayung pada SEA Games 2011 mendatang sudah dipersiapkan arena dayung Cipule Karawang. Uji coba  fasilitas kejuaraan dayung se-Asia Tenggara, bertajuk South East Asian Canoe Championship, pembukaannya  diikuti oleh 7 (tujuh) negara Asia Tenggara tersebut
Sebanyak 150 delegasi tujuh negara, yaitu Singapura, Thailand, Malaysia, Myanmar, Filipina, Vietnam, serta tuan rumah Indonesia tersebut akan mengikuti beberapa kelas yang akan dipertandingkan, diantaranya kayak (k), k1, k2, dan k4, serta canoe (c), c1 dan c2. Untuk nomor k1 akan menempuh jarak sejauh 200 hingga 1.000 meter kelas putra / putri, sedangkan untuk canoe hanya dipertandingkan kelas putra dengan jarak tempuh sejauh 200 hingga 1.000 meter.
Bupati Karawang, H. Ade Swara Jumat (24/6) Ade Swara pada kesempatan tersebut mengatakan, South East Asian Canoe Championship merupakan kejuaraan dayung yang mempertandingkan cabang lomba perahu kayak dan kano. Kejuaraan ini sendiri sebenarnya dimaksudkan sebagai ajang uji coba terhadap kesiapan venues, infrastruktur, serta kepanitian guna penyelenggaraan sea games 2011 mendatang. Saat ini, telah hadir para peserta dari 7 (tujuh) negara ASEAN, yaitu Singapura, Thailand, Malaysia, Myanmar, Filipina, Vietnam, serta tuan rumah Indonesia.
Untuk itu, pada kesempatan ini dirinya selaku perwakilan tuan rumah berharap kepada seluruh peserta dan offisial dari para negara sahabat tersebut untuk ikut bersama-sama saling bertukar pendapat, guna mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada dalam penyelenggaraan lomba kali ini. ”Dengan harapan, kekurangan-kekurangan tersebut dapat diperbaiki dalam penyelenggaraan cabang olahraga dayung pada event SEA Games 2011 mendatang,” tuturnya.
Lebih lanjut Bupati mengatakan, Kab. Karawang saat ini memiliki lebih dari dua juta penduduk dimana hampir sebagian besar penduduk tersebut sangat aktif berolahraga. Dengan demikian, pengembangan olahraga di karawang menjadi salah satu fokus perhatian Pemerintah Daerah. ”Yang salah satunya diwujudkan dengan dibangunnya berbagai macam sarana dan prasarana olahraga, seperti Arena Dayung Danau Cipule,” tambahnya.
Bupati melanjutkan, Arena Dayung Danau Cipule mulai dibangun sejak tahun 2005 lalu, dalam rangka penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat. Saat itu, kondisi arena dayung yang ada masih terkesan sederhana. Mengawali tahun 2011 ini, arena dayung danau cipule mulai direnovasi kembali, karena danau cipule ini telah ditetapkan sebagai lokasi penyelenggaraan cabang olahraga dayung pada event SEA Games tahun 2011, serta menjadi tuan rumah untuk kejuaraan dayung South East Asian Canoe Championship yang akan dimulai pada hari ini. (jayadi)

Subscribe for latest Apps and Games