Bupati Prihatin Tingkat Konsumsi Ikan Kalah Sama Jepang

KARAWANG – Bupati Karawang, H. Ade swara,  merasa prihatin, karena berdasarkan data dan informasi dari tingkat konsumsi ikan, masyarakat Kabupaten Karawang mencapai 24,45 kilogram per kapita per tahun, sedangkan tingkat konsumsi ikan di jawa barat sudah mencapai 26,50 kilogram per kapita per tahun dan di tingkat nasional mencapai 30,17 kilogram per kapita per tahun.
 “Jika dibandingkan dengan negara lain, kita masih jauh tertinggal seperti di negara jepang tingkat konsumsi ikan sudah mencapai diatas 100 kilogram per kapita per tahun,” ujarnya saat mencanangkan Kampanye Gemar Makan Ikan (Gemarikan) bagi seluruh masyarakat kabupatennya  yang berlangsung di Lapang Karang Pawitan
Menurut Bupati, produksi ikan di Kabupaten Karawang cukup bagus, dimana pada tahun 2010 produksi ikan mencapai 45.916,58 ton. Produksi yang cukup tinggi tersebut ditunjang oleh 11 unit tempat pelelangan ikan (tpi) dan 9 unit tempat pelelangan hasil tambak (tpht) yang menyebar di 9 kecamatan pantai, sedangkan untuk potensi perikanan tambak di Kabupaten Karawang sebesar 18.273,40 hektar dan luas kolam air tawar seluas 1,276 hektar.
Oleh karena itu, dirinya berharap agar masyarakat Kabupaten Karawang semakin terdorong untuk mengkonsumsi ikan, karena ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi yang mengandung omega 3 dan zat pencerdas. Selain itu, saya mengajak kepada stakeholder dan seluruh komponen di wilayah kabupaten karawang agar membudayakan makan ikan, sehingga dapat menciptakan generasi kuat, sehat dan cerdas.
Di sisi lain, Kepala Dinas Perikanan Kelautan dan Peternakan Kab. Karawang, Hendro Subroto menambahkan, kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menjadikan dan membiasakan masyarakat gemar memakan ikan, melainkan juga memiliki banyak tujuan lain yang cukup kompleks. “Salah satunya adalah melestarikan potensi produksi perikanan yang ada di Kabupaten Karawang, yang tentunya harus diimbangi dengan tingkat konsumsi yang tinggi pula,” jelasnya.
Selain itu, Hendro juga menjelaskan bahwa ikan dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan gizi, protein, dan mineral yang tidak dimiliki oleh bahan makanan lainnya. Ikan juga memiliki kandungan omega 3, yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kecerdasan manusia. “Dengan demikian, konsumsi ikan setiap hari juga dapat bermanfaat terhadap upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kab. Karawang,” imbuhnya. **

Subscribe for latest Apps and Games