Benahi Pemkab Karawang Pakai Gelar Expose Analisa Jabatan


KARAWANG – Guna menciptakan pemerintahan yang baik, dalam aspek kelembagaan, kepegawaian, dan ketatalaksanaan, Pemerintah Kabupaten  Karawang menggelar kegiatan Expose Analisa Jabatan. Hal ini karena aktivitas analisis jabatan tersebut memiliki peran penting dalam menjalankan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pemerintah.
.Ini dikatakan sekretaris Daerah (sekda) Pemkab Karawang, Ir. Iman Sumantri, Kamis (4/8) di Gedung Singaperbangsa Lantai III Pemkab Karawang. Kegiatan tersebut  diselenggarakan oleh Bagian Organisasi Setda.
    Sekretaris Daerah Iman Sumantri lebih jauh mengatakan, analisis jabatan adalah suatu aktivitas untuk mengkaji, mempelajari, mengumpulkan, mencatat dan menganalisis informasi-informasi atau fakta-fakta yang berhubungan dengan masing-masing jabatan secara sistematis dan teratur. Kemudian  kegiatan analisis jabatan memiliki prinsip, yaitu dilakukan untuk memahami tanggungjawab dan kontribusi hasil jabatan terhadap pencapaian hasil atau tujuan organisasi
   ” yang dianalisis adalah jabatan bukan pemegang jabatan ; dan kondisi jabatan tetapi yang dianalisis adalah kondisi jabatan saat ini berdasarkan fakta yang ada sesuai rancangan strategi dan struktur organisasi, ” kata Iman Sumantri
Oleh karena itu, lanjut Iman, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam penyusunan analisis jabatan baik di lingkungan pemerintah kabupaten karawang, maupun pada opd masing-masing. ”Diharapkan dapat tersusun suatu tugas serta kewenangan secara jelas dan terinci, sehingga menghasilkan optimalisasi dalam bekerja,” imbuhnya.
Iman juga menambahkan bahwa pelaksanaannya, analisis jabatan harus memperhatikan faktor keseimbangan, diantaranya adalah dari segi sumber daya manusia yang ada, sarana dan prasarana yang dibutuhkan, serta kondisi anggaran dana yang tersedia. ”Jangan sampai terjadi, dimana alokasi belanja pegawai lebih besar dari alokasi belanja publik untuk pembangunan,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setda Kab. Karawang, Drs. H. Agus Basuki menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memperoleh data dan informasi terkait kondisi kelembagaan, kepegawaian, dan ketatalaksanaan. ”Dari hasil analisa jabatan tersebut dapat terjadi beberapa kemungkinan untuk pembenahan organisasi, apakah dilakukan pengembangan, perampingan, atau penghapusan suatu jabatan,” jelasnya.
Agus Basuki juga menambahkan, bahwa untuk kegiatan pada hari ini hanya diikuti oleh para pejabat struktural eselon III dan IV dilingkungan Sekretariat Daerah Kab. Karawang. Masing-masing pejabat eselon IV turut serta membawa 3 (tiga) orang jabatan fungsional umum. ”Nara sumber kegiatan ini adalah dari Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” tambahnya. **

Subscribe for latest Apps and Games