KONI HARUS KEMBANGKAN POTENSI OLAHRAGA KARAWANG
KARAWANG -  Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana berharap jajaran pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kab. Karawang dapat mengembangkan potensi olahraga yang ada di Karawang. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati saat membuka kegiatan Rapat Anggota KONI Kab. Karawang Tahun 2011 di Gedung Singaperbangsa Lt. III Pemda Karawang, Rabu (24/8).
         Lebih lanjut Waki Bupati mengatakan, Kab. Karawang memiliki potensi olahraga yang belum sepenuhnya tergali dan dioptimalkan. Salah satunya adalah dari segi infrastruktur sarana dan prasarana olahraga. ”Bila dibandingkan dengan kab/kota lain di Jawa Barat, Kab. Karawang memiliki sarana dan prasarana olahraga yang cukup memadai,” jelasnya.
          
Untuk itu, lanjut Wakil Bupati berharap jajaran KONI Kab. Karawang bersama masing-masing induk cabang olahraga untuk dapat memanfaatkan infrastruktur sarana dan prasarana olahraga tersebut guna perkembangan olahraga di Kab. Karawang. ”Tidak melulu di GOR Panatayudha saja, melainkan lokasi lain pun agar dimanfaatkan seperti di Sport Hall, yang memang memiliki akses yang sedikit jauh,” jelasnya.
Wakil Bupati melanjutkan, potensi lainnya adalah bibit-bibit atlit olahraga asal Kab. Karawang. Mereka tentunya memerlukan pelatihan dan penjenjangan sehingga dapat berprestasi ditingkat provinsi, nasional, dan internasional. ”Jumlah alokasi anggaran dari Pemkab Karawang untuk KONI sebesar Rp. 4,7 milyar tidaklah sedikit, perlu ada analisis untuk dapat menghasilkan prestasi,” imbuhnya.
Wakil Bupati menambahkan, meskipun jumlah tersebut masih harus dibagi-bagi ke masing-masing induk cabang olahraga, namun alokasi anggaran tersebut masih dirasakan cukup besar. ”Sebagai gambaran, alokasi anggaran untuk Perwosi Kab. Karawang dari KONI sebesar Rp. 50 juta, merupakan alokasi anggaran terbesar bila dibandingkan dengan Perwosi di daerah lain,” tuturnya.
Wakil Bupati sendiri mengharapkan dalam rapat anggota kali ini, seluruh jajaran KONI Kab. Karawang beserta masing-masing induk cabang olahraga dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, khususnya dalam menyusun program kerja serta pertanggung jawaban anggaran yang ada. ”Insya Allah, kami mengupayakan alokasi anggaran tambahan untuk KONI sebesar Rp. 2 milyar dapat direalisasikan,” tambahnya.
Di sisi lain terkait dengan event SEA Games 2011 yang akan digelar di Kab. Karawang, Wakil Bupati mengharapkan jajaran KONI untuk dapat memanfaatkan momentum tersebut bagi kemajuan olahraga Kab. Karawang. ”Hendaknya semua fasilitas yang telah dibangun oleh Pemerintah Pusat tersebut tidak hanya dimanfaatkan sebatas penyelenggaraan SEA Games saja, melainkan dapat digunakan untuk pembinaan lebih jauh,” tambahnya.
Sementara itu, Ketua Umum KONI Kab. Karawang, Aris Suparno menjelaskan bahwa untuk tahun 2011, KONI Kab. Karawang telah mengajukan anggaran sebesar Rp. 5,7 miliar kepada pemerintah daerah, akan tetapi yang dapat direalisasikan hanya Rp. 4,7 miliar. ”Anggaran tersebut telah direalisasikan untuk seluruh cabang olahraga, dan kita berharap anggaran tambahan yang diajukan dapat direalisasikan pada ABT,” tambahnya.

Subscribe for latest Apps and Games