Mendadak Datang ke lokasi Pembuangan Limbah
Warga Desa Mulyasejati Kecewa Terhadap Tim Kementrian LH

KARAWANG - Sejumlah warga Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel, Karawang,mengaku merasa keweca terhadap  Tim dari Kementrian lingkungan hidup yang " Ujug-ujug " (mendadak)  datang ke lokasi tempat pembuangan di Kampung Udug-udug. Padahal, saat mereka bersama aktivis lingkungan hidup forum Cinta Danau mendatangi kantor Kemen-LH guna mengadukan telah terjadinya penimbunan limbah yang diduga B3, ke dua belah pihak sepakat jika tim akan turun ke TKP tiga hari sebelumnya akan dilakukan pemberitahuan agar tidak menimbulkan kerancuan saat melakukan verifikasi.
          Kekecewaan warga Desa Mulyasejati diperparah lagi, ketika melihat bos pengepul limbah B3 PT. Tenang Jaya sudah berkumpul bersama tim verifikasi dari Kemen-LH tadi. " Tim dari Kemen-LH yang diturunkan ke tempat pembuangan limbah B3 desa Mulyasejati tidak konsekwen, dan diduga berpihak kepada bos pengepul limbah B3 PT. Tenang Jaya, sehingga hasil verifikasinya ke tempat pembuangan limbah tersebut sangat dipertanyakan," kata Suryana, warga Dusun Udug-udug.
           Menurut Suryana, pimpinan Tim dari Kemen-LH, I.R, Aep Purnama, jangan hanya menerima laporan lisan dari bos pengepul limbah B3 PT. Tenang Jaya, Tulus Widodo, dimana disebutkan dalam rencana tindak lanjut, bahwa PT. Lancar Abadi siap melakukan pengangkatan kembali atau Clean up dengan bantuan PT. Tenang Jaya Sejahtra. " Ini jelas Bos PT. Tenang Jaya mau buang badan, kok untuk melakukan pengangkatan dilimbahkan ke PT. Lancar Abdi dan PT Lancar Abadi itu siapa," kata Suryana.
           Suryana menegaskan, bos pengepul limbah B3 yang menimbun barangnya di lokasi bekas galian pasir, membuat pernyataan itu bukan dengan pihak Tim dari Kemen-LH, saja yang dilakukan Jumat (16/12) kemarin, tetapi pada tanggal 31 Januari 2011 pun hal sama ikut dibuat dan dituangkan lewat berita acara yang disaksikan, Camat, Kapolsek, Ciampel serta warga Desa Mulyasejati dan di berita acara jelas-jelas Tulus Widodo mengakui sebagai Direktur PT. Tenang Jaya Sejahtra. " Di BA (Berita Acara) yang masih kami pegang jelas dia mengakui bahwa limbah yang saat ini dibuang di Dusun udug-udug, akan diangkut oleh perusahaan kami dan selanjutnya akan dibuang di tempat lain," tegas Suryana
       Sementara Tim dari Kemen-LH yang terdiri dari Ir. Aep Purnama, feredirus Biyang, ST, Mochamad Faisal, S.Kom, Sari Pudji Astuti,, S, SI, MSI, F. Binar Turmindi, SH dan Haryanto, lewat lampiran berita acara menyebutkan,bahwa ditemukan timbunan limbah yang diduga berupa abu incinerator dan sludge IPAL di 3 lokasi titik bidang tanah seluas 4 hektar di Dusun Udug-udug, Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel. Tim juga menyebutkan, di lokasi tempat ditemukannya timbunan limbah tersebut merupakan areal bekas galian pasir seluas 4 hektar milik PT. Abadi yang telah dibeli oleh saudara Tulus Widodo.
       Dari hasil pengamatan Tim Kemen-LH, katanya, limbah yang diduga ditimbun di lokasi I hingga kini masih belum diangkat, di lokasi II sudah diangkat sebagian dan masih ditemukan sisa limbah abu incinerator dan sludge IPAL yang belum dianglat, dan limbah di lokasi III belum diangkat.
Lewat BA (Berita Acara) itu juga disebutkan, bahwa limbah dari lokasi II sudah diangkat dilakukan selama dua kali dimana yang pertama berdasarkan surat pernyataan PT. Tenang Jaya Sejahtra nomor: 018/TJS/II/2011 tertanggal 1 Februari 2011, disaksikan pihak BPLH Karawang. Kemudian pengangkatan  pengangkatan yang ke dua pun disaksikan oleh pihak BPLH Karawang, pihak kecamatan Ciampel, perwakilan Desa Mulyasejati,  dan disaksikan saudara Suryana sebagai pelapor yang dilaksanakan pada tanggal 01 Nopember 2011, hasil pengangkatan tersebut dimamfaatkan sebagai batako olh PT. Tenang jaya Sejahtra.
        Dalam hal ini, katanya, pihak Kementrian lingkungan Hidup akan memfailitasi pertemuan dengan pihak terkait yakni, BPLH, Satpol PP Karawang, Camat Ciampel, Forum kepala Desa Ciampel, wakil mayarakat Desa Mulyasekati dan aktivis lingkungan hidup Cinta Danau di sekitar PT. Lncar Abadi dan PT. Tenang jaya Sejahtra, untuk menentukan langkah-langkah penanganan selanjutnya.Tim juga melakukan verifikasi terhadap adanya dugaan dumping limbah di lokasi tersebut, dengan Kabid Pengawasan BPLH Karawang, Endang Sutarna, Camat Ciampel, Asep Cece Juhandi, Kades Mulyasejati, Adang Ewin, Ketua Forum Kades Ciampel, H. M. Artasim Basyari, Direktur PT. Tenang Jaya Sejahtra, Tulus Widodo, Agus Suntara dan Dayat aktivis lingkungan Hidup Cinta Danau.**

Subscribe for latest Apps and Games