HUT Karawang ke 379 Macetkan Lalulintas
KARAWANG - Peringatan Hari Ulang Tahun Karawang yang ke 379  macetkan lalulintas kendaraan di pusat kota. Kemacetan itu terjadi karena dari mulai arah perempatan lampu merah Sauyunan, kendaraan tidak bisa masuk ke arah jalur kiri Jalan A. Yani yang di tutup karena Pameran Bazaar PNPM diselenggarakan di sepanjang jalan protokol tersebut.
       "Tenda-tenda pedagang kaki lima dan makanan berjejer di sepanjang badan jalan dan menutup kantor-kantor termasuk kantor DPD Golkar, pertokoan dan  Puskesmas yang berdekatan dengan Lapang Karang Pawitan sebagai lokasi pusatnya," ujar Rohim, warga Kelurahan Karangpawitan.
             Menurut Rohim,  Jalan A. Yani yang tadinya dua jalur diubah menjadi satu jalur untuk lalulintas kendaraan umum hingga kemacetan tidak terelakan lagi. Anak-anak sekolah yang mengendarai Angkutan Kota (Angkot) terpaksa harus turun dan konvoi berjalan kaki menuju sekolah masing-masing karena takut kesiangan. “Saya terrpaksa jalan kaki karena takut kesiangan dan dimarahi guru,” katanya.
              Lain lagi kata  Adang Jumli warga Desa Sauyunan Karawang, “seumur hidup baru kali ini terjadi, Ultah Karawang semerawut dan macet seperti ini. Karena jalan protokol ditutup untuk Bazaar, padahal jalur itu arah menuju ke semua sekolah. Diantaranya SMPN1, SMPN5 SMA5, SMAN1, SMA3 dan beberapa sekolah swasta, kemacetan yang berjam-jam di pagi hari bisa membuat anak-anak sekolah berbondong-bondong turun dari angkot dan berjalan kaki.
              Asep Pedro ketua AMPG (Angkatan Muda Partai Golkar) Karawang, pihak panitia HUT Karawang tidak melakukan sosialisasi terlebih dahulu, tapi secara tiba-tiba saja menutup jalan protokol ini, apalagi HUT Karawang akan diselenggarakan cukup lama, pasti kemacetan ini akan berlarut terus, ” ujarnya. 
             HUT Karawang yang tepatnya jatuh pada 14 September 2012, Pemerintah Kabupaten Karawang melalui dinas dan perangkat terkait menggelar hajatan perayaan ulang tahun selama 9 hari berturut-turut antara tanggal 8-16 September 2012. Menggunakan dana APBD dan dukungan sponsor, Pemkab Karawang tahun ini terbilang serius menyambut dan merayakan hari jadi Kabupaten Karawang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hari terbentuknya Kabupaten Karawang sendiri adalah pada 14 September 1633 M.**