Takut Bu Ani Lagi ke Cipule Terkena Bakteri Berbahaya
Diskes Karawang Selidiki dan Ambil Sample Air di Lokasi Penimbunan Limbah B3
KARAWANG - Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang belakangan ini tengah mengambil sample air di lokasi penimbunan limbah B3 Desa Mulyasejati, Mulyasari, Kuta Mekar, Kecamatan Cipule. Mereka merasa khawatir dan menduga serangan penyakit yang diderita ibu negara terjadi saat melakukan penanaman seribu pohon di danau Cipule, tidak jauh dari beberapa desa yang dijadikan tempat penimbunan dan pengolahan limbah B3.
         Berdasarkan cacatan petugas Dinkes Karawang yang turun ke lapangan, Jumat, kemarin, lokasi tempat penimbunan Limbah B3, selain di desa Mulyasejati, juga limbah B3 yang ditimbun di desa Mulyasari, sekitar areal sawah tekhnis, dekat dengan saluran Tarum Barat. Bahkan, gudang tempat pengolahan limbah B3 di Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, dari saluran Tarum Barat ke tempat pengolahan hanya  terhalang  oleh tanggul yang dijadikan jalan menuju danau Cipule. " Kami di tempat penimbunan Limbah B3 Desa Mulyasejati, hanya mengambil sample air dan onggokan limbah B3 untuk diteliti BBTKLp Kementrian Kesehatan," ujar Rogiat, Wawan Irawan dan Mamat Selamat, petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang.
            Pengambilan sample limbah B3 berupa air dan onggokan barang yang diduga berbahaya di dusun Udug-udug, Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel, disaksikan, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Karawang, Deden Ego, Kepala Desa Mulyasejati, Adang Ewin, dan aktivis lingkungan Hidup Gerakan Masyarakat Peduli lingkungan Hidup, Drs. H. Sony Hersona, aktivis lingkungan Hidup Karawang, Suryana." Kami dalam mengambil sample barang yang diduga B3, disaksikan Kepala Desa setempat dan Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Karawang," kata Rogiat, SKM, fungsional dari Dinkes setempat, saat ditemui di tempat penimbunan Limbah B3 Mulyasejati,jumat (30/12).
                Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Jajat Nugraha, ST, mengatakan, pengambilan sample limbah B3 di Dusun Udug-udug, Desa Mulyasejati, untuk diteliti di Balai Tekhnis Kesehatan Lingkungan Kemen Kesehatan, atas permintaan masyarakat desa setempat, aktivis lingkungan Hidup GMPLH dan aktivis lingkungan hidup Forum Cinta Danau Kabupaten Karawang. Selain itu, sebagai kekhawatiran terhadap ibu negera yang sempat melakukan penanaman seribu pohon di lokasi danau Cipule, tiba-tiba  belakangan kena serangan penyakit yang sempat mengalami perawatan di salah satu RS di Jakarta," Dasar kami mengambbil sample di lokasi penimbunan limbah B3 hanya itu yang sebutkan tadi," kata Jajat Nugraha, ST, Kasie Penyehatan Lingkungan Dinkes Karawang.
             Seperti dijelaskan Mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang, Enday Damanhuri, lewat surat rekomendasinya Nomor: 660.1/506/Wasdal, Gudang pengolahan limbah yang lokasinya tidak jauh dari saluran Tarum Barat, menempel dengan jalan menuju arah  danau Cipule,  salah satu kegiatannya berupa pengoprasian pengolahan Limbah B3 cair pada IPAL dengan
sistem electrocoagulation, dan untuk pembakaran limbah B3 menggunakan bahan minyak kotor, oli bekas serta solvent bekas. Lewat rekomendasinya, H. Enday juga menegaskan, segala permasalahan yang timbul akibat kegiatan yang dilaksanakan terutama mengenai pencemaran, kerusakan lingkungan, sepenuhnya menjadi tanggung jawa perusahaan.
          Dijelaskan, pihak perusahaan yang melakukan kegiatan usaha tersebut lokasinya, di Desa Kutamekar, sedangkan lahan yang digunakan merupakan milik Perusahaan Jasa Tirta II, terletak di sekitar sempadan/bantaran Saluran Tarum Barat (BTb.7a-7b kanan) Kejuron/kepengamatan, Pengamat I seksi Tarum Barat, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel. Dan SIPLS (Surat Pemamfaatan Lahan
ementara) tahun 2010.

Subscribe for latest Apps and Games