Komisi A Karawang  Gelar Hearing
Buntut Pembebasan Lahan Kampus Unsika Negeri Oleh Spekulan 
KARAWANG - Diduga buntut pembebasan lahan tanah yang diperuntukan kampus Unsika Negeri oleh pihak spekulan, Komisi A DPRD Kabupaten Karawang, Rabu (18/4) menggelar hearing yang melibat pihak berkompeten di Gedung DPRD setempat. Tampaknya, pihak Komisi A lewat forum tersebut akan meminta pertangungjawaban sekitar sudah dibebaskannya lahan sawah tekhnis yang dikabarnya akan diperuntukan area kampus di Desa Margasari, Pasir Jengkol dan Palumbonsari.
          Pendi, salah seorang anggota Komisi A mengatakan, bahwa pihaknya merasa kaget saat mendengar ada pembebasan lahan di Desa Margasari, Pasir Jengkol dan Kelurahan Palumbonsari, yang diperuntukan kawasan kampus Unsika negeri oleh spekulan tanah. Sedangkan, sekitar rencana bakal berdirinya Unsika Negeri  di Kabupaten Karawang, sejauh ini belum diperoleh informasi dari pihak Pemkab. " Kami melalui forum ini akan mencari tahu sekitar rencana berdirinya Unsika Negeri bersama lokasi kampusnya," kata Pendi
           Dalam hal ini, kata Pendi, seperti biasanya jika Pemkab setempat akan melakukan kegiatan pembangunan yang berkaiatan dengan dunia pendidikan, serta berbagai bidang kegianatan pembangunan lainya, terlebih dahulu mengajak kompromi dengan pihak legeslatif. Memang pernah kedengaran bahwa di Kabupaten Karawang bakal berdiri kampus perkuliahan yang statusnya negeri, tetapi masalah lokasi tanah yang diperuntukan area kampus belum ditetapkan.
          Menurut Pendi, Komisi A yang membidangi masalah pertanahan sangatlah berkompeten untuk mengetahui secara jelas dan gamblang terlebih terkait dengan lembaga yang akan dibangunan atau didirikanya merupakan aset pemerintah. " Mungkin kami juga akan bertanya kepada pihak berkompeten jika Unsika Negeri jadi di Karawang, kemudian bagaimana dengan nasib Unsika swasta milik Pemkab setempat apakah secara otomatis dosen dan mahasiswanya secara otomatis ikut menjadi negeri," ujar Pendi, seraya penuh tanya dengan akan dibangunannya Unsika Negeri.
          Tampaknya Hearing Komisi A DPRD Karawang yang membahas bakal berdirinya Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) negeri yang berlangsung pukul 16.00 WIB itu berlangsung tertutup. Namun para Kepala Desa (Kades) area lahannya sudah dibebaskan pihak spekulan tampak kelihatan ikut memasuki ruang hearing yang dilangsungkan secara tertutup itu. **    







Subscribe for latest Apps and Games