Baching Plant Betamik Dimita Tanggung Jawab
 (Bina Marga Karawang Perintahkan Bongkar Pengecoran Jalan Johar - Gempol Haji Kartim)
KARAWANG - Pihak Kantor Dinas Bina Marga Kabupaten Karawang segera memerintahkan kontraktor PT. AKW untuk membongkar proyek peningkatan pengecoran jalan Johar - Gempol Haji, kecamatan Karawang Timur sepanjang 30 M diduga pengerjaannya tidak maksimal. Hal ini, pihak Baching Plant Betamik, Bekasi diminta bertanggungjawabannya atas pelaksaan pengecoran beton jalan di atas tanggung sekunser di wilayah Kecamatan Karawang Timur tersebut.
           Menurut Muslim, salah seorang warga yang tinggal di Sadamalun, Selasa(28/8) pelaksanaan pengecoran jalan tersebut yang mencurigakan selain dari coran betonya, juga dari pemasangan besi yang dijadikan tulang-tulang pada badan jalan tersebut. Dia menduga besi yang dijadikan kerangkan tidak sesuai dengan RAB, karena diketahui besi bekas dan sudah berkarat.
           Besi yang dijadikan kerangka badan jalan antara Johar - Gempol Haji, Desa Kondangjaya, Kecamatan Karawang Timur disinyalir tidak sesui dengan peruntukannya, sehingga khawatir kekuatan tidak bisa bertahan lama. " Yang dipasang sebagai kerangka badan jalan selain besi banci, juga berkarat seperti besi bekas yang dibeli dari tukang rongsokan," ujar Muslim, saat berada di Pemkab Karawang.
         Dengan pengerjalan jalan lewat cara tersebut, Muslim, selain meminta kepada pihak berkompeten di Pemkab untuk membongkar pengerjaan peningkatan jalan dengan cor beton tersebut, juga mengancam akan melaporkan kasus tersebut kepada pihak Kejaksaan. " Saya minta selain pekerjaan proyek tersebut harus dibongkar, kasusnya harus diproses secara hukum agar para pihak yang terlibat dengan pengerjaan pengecoran beton peningkatan jalan Johar - Gempol Haji jera dan tidak main-main lagi dengan proyek pembangunan yang didanai APBD," tegasnya.
         Chris Prianto, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan pada Kantor Dinas Bina Marga Kabupaten Karawang, Selasa(28/8) menjelaskan, atas pengerjaan pengecoran beton jalan Johar - Gempol Haji, Kecamatan Karawang Timur, pihaknya sudah mengirim surat dinas kepada pihak PT. AKW sebagai pelaksana pengerjaan proyek peningkatan jalan tersebut, untuk membongkar pekerjaan pengecoran jalan sepanjang 30 m yang dianggap tidak maksimal pengerjaaanya. Dan atas dasar surat teguran tadi, baik pihak pemborong maupun pihak Baching Plant Betamik, menyatakan siap untuk melakukan pembongkaran serta pengerjaan ulang.
         Dalam hal ini, Chris, menjelaskan, bahwa hasil pelaksaan pengecoran ruas jalan Tanggal 13 Agustus 2012 oleh Baching Plant Betamik, hasil pengecorannya diketahui sekitar pengerjaannya kurang makimal. . Walhasil, dari pengerjaan jalan 30 M tadi, terjadi pendebuan yang muncul kepermukaan sehingga mengakibatkan munculnya  batu 1-2 kepermukaan.
          Sementara ini dari pihak Baching Plant Betamik, Sayadi, atas pengerajaan proyek pengecoran jalan tersebut, agar segera melakukan perbaikan lewat cara akan mengirim kembali bahan cor beton ke proyek tersebut. Kemudian dari pihak rekanan pelaksaan pekerjaan tersebut, Dede, berjanji akan bertanggungjawab, dan dalam tempo secepat mungkin akan segera membongkar pekerjaan pengecoran sepanjang 30 meter dan kemudian segera melakukan perbaikan.**









Subscribe for latest Apps and Games