DISDIKPORA VITAL BAGI PENGEMBANGAN SDM BERKUALITAS 
KARAWANG -  Bupati Karawang, H. Ade Swara menegaskan bahwa keberadaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) memiliki peran yang sangat penting dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia di Karawang yang berkualitas, guna menghadapi perkembangan kabupaten  yang semakin pesat. Hal tersebut disampaikan Bupati Ade Swara saat menghadiri acara halal bil’halal yang digelar oleh Keluarga Besar Disdikpora Kab. Karawang, Selasa (28/8).

 Lebih lanjut Bupati mengatakan, Kab. Karawang saat ini telah menjadi pusat perhatian di tingkat nasional, yang salah satunya ditandai dengan banyak proyek tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Kab. Karawang, seperti pelabuhan, bandara, serta sekolah perikanan terbesar di Indonesia. Tahapan proyek-proyek tersebut saat ini telah mulai berjalan, yang tentunya membutuhkan dukungan masyarakat.
Di sisi lain, lanjut Bupati, perkembangan industri yang sangat pesat di Kab. Karawang pun perlu diimbangi oleh kesiapan masyarakat, khususnya dalam rangka memanfaatkan potensi tersebut bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Kesemuanya tersebut tentunya harus disiapkan, termasuk dari sisi kesiapan sumber daya manusia, sehingga dalam perjalanannya pembangunan tidak ada ketimpangan,” ujarnya.
Menyikapi apa yang disampaikan Bupati Ade Swara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Karawang, Agus Supriatman menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kab. Karawang. “Guna menghadapi tantangan dan kompleksitas Karawang yang semakin pesat, maka diperlukan penciptaan SDM yang berkualitas melalui investasi pendidikan, sehingga masyarakat Karawang tidak menjadi tamu di negeri nya sendiri,” tuturnya.
Lebih jauh Agus Supriatman menjelaskan bahwa untuk melangkah menuju pencapaian tersebut, sejumlah langkah yang tengah dipersiapkan adalah dengan memberikan bantuan operasional peralatan dan fasilitas bagi sekolah, peningkatan kapasitas sekolah, serta peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Selain itu, guna menghadapi kompleksitas permasalahan pendidikan yang ada, diperlukan pula proses rekrutmen dan mutasi yang berkualitas. Unttuk itu, pihaknya telah merencanakan pengembangan karier bagi para tenaga fungsional maupun struktural di Disdikpora.
Agus Supriatman menambahkan, dari hasil evaluasi yang ada, sektor pendidikan di Kab. Karawang telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Salah satunya dapat terlihat dari hasil UN tingkat SD dengan rata-rata nomor dua di Jawa Barat, serta transisi melanjutkan tingkat SMP yang mencapai 99 persen atau meningkat 10 persen dari sebelumnya yang hanya 89 persen.
Sedangkan untuk tingkat SMA mencapai 83 persen, atau meningkat 14  persen dari sebelumnya yang hanya 69 persen. Selain itu, Disdikpora pada tahun ini juga akan membangun infrastruktur pendidikan cukup signifikan, diantaranya rehabilitasi 1.320 ruang kelas yang direncakan untuk diresmikan pada bulan Desember mendatang. Peningkatan tersebut tentunya akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan Angka Partisipasi Kasar, Angka Melek Huruf, dan mendongkrak IPM Kab. Karawang.
Sementara itu, Kegiatan halal bihalal tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Tono Bachtiar, anggota DPRD Hj. Nurlatifah Swara, serta keluarga besar Disdikpora seperti Dewan pendidikan para ketua komite sekolah, unsur dari PGRI tingkat Kabupaten dan Cabang, BMPS, pengelola pendidikan, UPTD, pengawas, penilik, dan para guru.**








































Subscribe for latest Apps and Games