Dosa Besar Jika Bina Marga Tak Lakukan Perbaikan
Kerusakan Jalan di Karawang Masuk Katagori Tanggap Darurat
KARAWANG - Dendang Koswara, SH, salah seorang praktisi hukum di Kabupaten Karawang, menyatakan, bahwa kerusakan jalan hampir di tiga puluh kecamatan wilayah kabupaten negeri lumbung padi  sudah terjadi secara massif itu, sudah masuk katagori tanggap darurat. Hal ini, merupakan dosa besar, jika pihak Kantor Dinas Bina Marga setempat tidak segera melakukan perbaikan menyusul sering terjadinya kecelakaan di pihak pengendara hingga kerap memakan korban jiwa, luka berat maupun ringan.
           Dicontohkan, Dendang Koswara, SH, pada jaman dahulu, seorang khalifah saja kudanya terjatuh akibat kerusakan jalan, ancaman dosanya masuk neraka. Ini, apa lagi menimpa manusia,  akibat kerusakan jalan tadi, bisa menimbulkan kecelakaan, selain kendaraan mengalami kerusakan terkadang jiwanya pun melayang. " Akibat jalan tersebut jika menimbulkan kendaraan rusak sudah lumrah, tetapi kalau sudah mengancam jiwa dan raga itu luar biasa," ujar Dendang Koswara, Senin(25/3)
          Sejak tiga tahun belakangan ini, kata Dendang, kerusakan jalan di Kabupaten Karawang sudah massif. Betapa tida, dari tiga puluh kecamatan di wilayah kabupaten, ruas jalan dari mulai jantung kota kabupaten, jantung kota kecamatan, hingga ke pelosok pedesaan, jalan kondisinya hampir amburadul.
          Menurut Dendang, pihak Dinas Bina Marga sebagai dinas intansi tekhnis, sepertinya melakukan pembiaran terhadap kerusakan jalan di Kabupaten Karawang.Pasalnya, tidak pernah melakukan perbaikan jalan secara instant, jika diketahui ada ruas jalan yang menghubungkan antar kabupaten dengan kecamatan, maupun pedesaan dan apalagi menuju sentra pertanian, pertambakan hingga pemukiman nelayan.
           Menyusul telah terjadinya kerusakan jalan secara massif, kata Dendang, setiap hari hampir jadi buah bibir masyarakat yang tinggal di negeri lumbung padi ini. Mereka agar ruas jalan rusak yang melintang di tempat kelahiranya beragam cara menyampaikan aspirasinya, ada yang lewat wakil rakyat, di koran-koran, di radiao dan bahkan ada yang memotret sendiri lalu mengirimkannya lewat you tube.
          Kepala Dinas Bina Marga Karawang yang baru menjabat beberapa hari, Drs. Acep Jamhuri, dalam upaya melakukan perbaikan jalan rusak tadi, baru melakukan pengurugan jalan di ruas jalan kawasan Niaga. Dididuga sekitar kerusakan jalan kurang dianggap emergency, menyusul telah diluncurkanya 70 paker peroyek penurapan yang tersebar di beberapa titik kabupaten ini.**

Subscribe for latest Apps and Games