Jabatan Sekda Malah di Plt-kan
Pertanda Sulitnya Mencari PNS untuk Menduduki Jabatan Sekda di Karawang ?
KARAWANG - Tampaknya sulit mencari PNS untuk menduduki jabatan Sekda Karawang pasca, Iman Somantri, habis masa jabatannya lalu diperpanjang kembali selama enam bulan. Hal, lewat masa tenggang waktu enam bulan yang habis awal Mei 2013 jabatan Sekda, Iman Somantri berakhir, pihak Baperjakan(Badan Pertimbangan Jabatan) Pemkab Karawang, belum menemukan sosok PNS di lingkungan Pemkab setempat sebagai penggantinya.
             Malah guna mengisi kekosongan jabatan Sekda tersebut,  bupati mengangkat, Teddy Ruspendi, Asda III sebagai Plt(Pelaksana tugas) Sekda tersebut. Ini, diduga hanya menunggu terpilihnya Sekda definitif. " Sangat disayangkan Beperjakan Pemkab Karawang, selama kurun waktu enam bulan, terhitung masa pensiun, Sekda Iman Somantri, belum berhasil memilih dan menetapkan sosok PNS yang dianggap mumpuni menjadi Sekda di Pemkab Karawang ini, " ujar Jaenal Arif, salah seorang pensiunan Pemkab Karawang.
            Menurut Jaenal Arif, dianggkatnya, Asda III Pemkab Karawang, Teddy Turpadi, selaku Plt(pejabat pelaksana tugas) jabatan Sekda, memunculkan kecurigaan yang sangat besar di tengah para PNS dan masyarakat di negeri lumbung padi ini. Pertanyaaannya, apakah jabatan Plt diberikan kepada yang bersangkutan  murni sebagai pertimbanganya  telah memenuhi syarat normatif, atau sebagai " Reward" Teddy,  tutup mulut saat tersangka AW, mantan Dirum PDAM Karawang memberikan bungkusan "Pulus"  di Bandara Soekarno - Hata kepada penguasa bersama istrinya di negeri lumbung padi ini saat hendak berangkat ke Korea beberapa bulan lalu.
          Dalam hal ini, kata Jaenal Arif, terkait dengan jabatan Sekda sebagai pejabat pengguna APBD, seharusnya pihak Baperjakan segera merekrut PNS untuk diplih menjadi Sekda definitif. Kenapa demikian?, karena terkait dengan penggunaan anggaran APBD, yang berwenang memberikan legalitas formal adalah PNS yang menduduki jabatan Sekda definitif  dan sebaliknya seorang PNS yang hanya diberi wewenang sebagai pelaksana tugas jabatan Sekda.
          Arif Jaenal, mengaku tidak habis fikir di rezim Bupati Karawang, H. Ade Swara, hanya untuk memilih PNS untuk menduduki jabatan Sekda saja begitu sulitnya. Padahal, bibit-bibit PNS di Pemkab Karawang yang mampu menududuki jabatan tersebut ada yang sudah pantas untuk menggantikan, Sekda Iman Somantri. Terlebih, jika ditelisik dari jenjang kepangkatan, dimana ada beberpa PNS di lingkungan Pemkab Karawang ini, sudah waktunya menduduki orang ke tiga di Pemkab Karawang ini.
          Dari beberapa PNS yang sudah memenuhi syarat normatif tadi, kata Jaenal Arif, Senin(3/6), di antara mereka juga mumpuni dalam memiliki harta dan bendanya. Sehinngga, jika di antara penentu di Pemkab Karawang ini yang mempertimbangan masalah deful(duit), tanpaknya para kandidat tadi, bisa dikuliti harganya guna memenuhi "Wani piro tersebut.**

Subscribe for latest Apps and Games