Jabatan Sekda Mulai Diramal-ramal Lagi
40 Jabatan Struktural Kosong Batal Dimutasi Bupati Karawang Agustus 2013
KARAWANG - Belum diisinya 40 jabatan struktural dari mulai eselon II hingga eselon IV hingga Agustus 2013 banyak menimbulkan penafsiran di tengah PNS Pemkab Karawang. Bahkan, jabatan Sekda yang sudah di-Plt-kan(pelaksana tugas) kepada Asda III, mulai menghangat, dimana diramal-ramalkan yang bakal menduduki Sekda definif nanti yakni PNS berkantong tebal yang memiliki loyalitas tinggi kepada istri bupati di negeri lumbung padi ini.
            Berdasarkan surver di lapangan beberapa PNS di lingkungan Pemkab setempat, kemungkinan diundurnya mutasi jabatan pada Agustus 2013, karena Bupati Karawang, H. Ade Swara, tengah mengikuti penataran dengan sejumlah bupati se Indonesia di Kementrian Dalam Negeri. " SK mutasi jabatan harus ditandatangai bupati dong, dan tidak bisa ditandatangani oleh wakil bupati maupun Sekda Plt, " ujar Safarudin dan beberapa PNS di lingkungan Pemkab Karawang.
          Menurut Safarudin, memasuki Agustus 2013 jabatan centris eselon II dan II setingkat Sekda, Asda, Kepala Dinas dan Kabag secara kebetulan kosong, karena pejabat PNS sebelumnya telah memasuki masa pensiun. Walhasil, guna mengisi kekososangan jabatan-jabatan centris tadi, memaksa harus diisi melalui mekanisme mutasi jabatan. " Banyak kesempatan bagi PNS yang memenuhi syarat normatif, namun yang menjadi pertanyaan apakah untukbisa menduduki jabatan tersebut cukup dengan "Cai Atah( air mentah) atau harus tender dengan istilah "Wanipiro," ujarnya.
           Menurut beberapa PNS Pemkab Karawang, tampaknya pasca di Plt-kannya jabatan Sekda oleh, Teddy Ruspendi, Asda II, memasuki Agustus 2013 mulai menggeliat lagi, dimana menurut ramalan-ramalan diinternal PNS di lingkungan Pemkab setempat bakal di suatu saat nanti bakal muncul kuda hitam Sekda definitif. Tampaknya PNS setingkat eselon II yang sudah siap jiwa dan raga sudah keliatan, di antarnya Setya Dharma, Kadishub, Acep Jamhuri, Kadis Bina Marga dan Pengairan, Agus Supriatman, Kadisdikpora, dan dr. Asep Lukman, kadis Kesehatan, Okih, Kepala BPMPT Pemkab yang menguasai 60 perijinan di Kabupaten Karawang ini.
            Dalam hal ini, kata beberapa PNS tadi, beberapa PNS eselon II setingkat Kepala Dinas tadi, tampaknya ibaratnya sudah siap luar dalam, semangat bekerjanya masih berkobar seperti semangan 45, kemudian tidak bakal "Cai Atag" alias air mentah jika di antara mereka berhasil menduduki jabatan Sekda Tersebut. " Gimana mereka tidak siap, di antara Kandidat rata-rata sedang menduduki jabatan basah, " ujar beberapa PNS, kemarin, di lingkungan Pemkab Karawang.
           Di tempat terpisah Kepala Bidang Mutasi Jabatan BKD(Badan Kepegawaian Daerah) Pemkab Karawang, Drs. Asep Aang, kemarin di Pemkab Karawang, mengatakan, kemungkinan mutasi jabatan untuk mengisi pos kerja atau OPD-OPD yang kosong cepat atau lambat waktunya pasti ada. Namun dia meski sudah menyerahkan draf PNS yang layak untuk mengisisi jabatan-jabatan yang kosong itu, kewenangannya berada di bawah kekuasan bupati. " Mutasi jabatan pasti ada kita tunggu saja waktunya," pungkas Asep Aang.**

Subscribe for latest Apps and Games