Diduga Jembatan Kamurang Karawang Penyebab Banjir

Warga Sepanjang Cilamaran
Minta Bina Marga Karawang Bongkar Jembatan Kamurang
KARAWANG  - Sejumlah warga yang tinggal di beberapa komplek perumahan di Kelurahan Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur, mendesak pihak Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Karawang segera membongkar jembatan di atas kali Cilamaran, sekitar Kampung Kamurang, Kelurahan Plawad. Hal ini, diduga ikut andil terjadinya banjir, hingga air mengepung kdi beberapa komplek perumahan tersebut.
          Menurut warga di Komplek Perumahan, Buana Asri, Selasa(21/1) banjir yang terjadi di tahun 2014, tidak separah tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya sebelum dibangun jembatan di Kampung, kamurang, jika terjadi luapan air si kali Cilamaran pun airnya tidak sampai masuk ke dalam rumah setinggi dengkul orang tua.
        seperti diakui, Ketua RT, Supri, pada musim hujan tahun sebelumnya dan saat terjadi luapan sungai Citarum akibat kiriman dari hulu suangai di daerah Bandung pada tahun kemarin, luapan air Kali Cilamaran, hanya sebatas menggenangi jalan dan halaman rumah saja. Namun saat hujan terjadi belakangan ini, disinyalir antara luapan air yang bertemu dengan saluran pembuang asal komplek perumahan, hingga ikut menggenangi rumah di Blok C dan beberapa blok rumah lainya.
         Guna mengurangi genangan air tadi, kata RT Supri, pihaknya telah memompa air yang berasal dari komplek perumahan Buana Asri, namun akibat luapan air Kali Cilamaran lebih tinggi hingga penyedotan air dari saluran pembuang tidak bisa dilakukan." Kami bersama warga di Blok C dan beberapa wearga Blok lainya dengan mesin desel sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mengurangi bajir yang mengepung itu, tetapi usaha itu tidak bisa dilakukan dengan maksimal," ujar Ketua RT, Supri di Komplek Perumahan Buana Asri, Kelurahan Palumbonsari, Karawang Timur.
          Sementara itu, Kepala Kelurahan Palumbonsari, Drs. Muhana, Selasa, atas terjadinya banjir yang menggenangi, perumahan warga di komplek perumahan Buana Asri dan beberapa komplek perumahan lainya, Selasa(21/1) turun langsung ke TKP guna meninjau langsung kejadian tersebut. Kemudian, Lurah Palumbonsari itu, setelah meninjau TKP, juga segera bergegas ke bangunan jembatan di Kampung Kamurang, Kalurahan Plawad dan berdasarkan pengamatannya diakui bahwa bangunan jembatan tersebut terlalu memakan DAS(Daerah Aliran Sungai) hingga ditenggarai ikut andil terjadinya luapan air di Kali Cilamaran.
          Kepala Kalurahan Palumbonsari, Drs. Muhana, setelah mengantongi bukti bahwa pembanguan jembatan itu diduga ikut andil sekitar terjadinya luapan hingga air mengepung komplek perumahan di wilayah kelurahannya, akan segera mengirim surat ke dinas berkompeten guna sebuah perbaikan. " Kami tidak ingin warga kami menjadi korban banjir yang disinyalir akibat bangunan jembatan tersebut," ujar Drs. Muhana, Kepala Kelurahan Palumbonsari.(jay)

Subscribe for latest Apps and Games