Pejabat Pemkab Karawang Mencla-mencle


Pejabat Pemkab Karawang Mencla-mencle
Soal Pelaksanaan Pilkades 177 Desa
Karawang, 
Tamzid, Juru bicara aksi demo 177 desa yang sudah habis mesa jabatan kepala desa mensinyalir pejabat berkompeten di lingkungan Pemkab Karawang bersikap "Mancla-mencle" dalam menetapkan pelaksanaan Pilkades. Pejabat itu juga mengombral janji terus, dimana pesta demokrasi tingkat desa tersebut konon akan dilangsungkan usai Pileg dan Pilpres tahun 2014.
           Buktinya, kata Tamzid, paska kedua perhelatan besar tersebut, sekitar pelaksanaan pemilihan kepala desa di 177 desa, hingga, Rabu(3/9) para pejabat yang berkompeten belum penetapkan kapan dan waktunya digelar Pilkades tersebut. Padahal, dari mulai bulan Agustus, September, Oktober hingga desember tahun 2014, ke 177 Kades tersebut sudah habis masa jabatannya.
           Lewat orasi di mimbar unjukrasa bertempat di halaman apel PNS Pemkab, Rabu(3/9) juru bicara 177 Kades, tamzid dan Ustad, Deden, secara bergantian mendesa agar pelaksanaan pemilihan kepala desa terhadap 177 desa segera digelar pada tahun ini. Dan jangan sampai menyebrang ke tahun-tahun berikutnya. " Dengan digelarnya Pilkades terhadap 177 desa di tahun 2014, sebenarnya para petinggi desa yang terpilih nannya, setidaknya bisa menyokong kesinambungan pembangunan dimana sudah diprogramkan pihak Pemkab," tegas Tamzid da Ustad, Deden.
        Dengan dipercepatannya pelaksaan Pilkades 177 desa dengan tepat waktu, maka bakal meringankan beban para pihak. Sebaliknya, apabila terjadi perpanjangan waktu, maka pembahasan anggaran Pilkadesnya bakal berbarengan dengan agenda pembahasan Pilkada 2015 nanti. " Kita masyarakat kabupaten Karawang secara umum saat memasuki tahun 2015 sudah masuk ke tahapan pelaksanaan Pilkada 2015, maka untuk memperingan beban Pemkab segerakanlah pelaksanaan Pilkades 177 desa," kata Tamzid.
          Setelah para pengunjukrasa usai melakukan orasi, akhirnya tim negosiator dari Pemkab Karawang, meminta masing 10 orang delegasi dari pihak Apdesi, BPD, masyarakat dan Forum BPD, untuk berdialog dengan pejabat berkompeten Pemkab guna membedah materi Pilkdes 177 desa tersebut. Atas permintaan tersebut, akhirnya, para delegasi aksi demo melangsungkany dialognya di lantai II, ruang rapat Bupati Karawang dan pengunjuk sikap lainya diperintahkan untuk menunggu di sekitar gedung kantor bupati.
           Kepala Desa Cikuntul, Kecamatan Tempuran, Dade Gunawan, yang mengikuti dialog dengan  Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrchadiana, Sekda Pemkab, Teddy Ruspendi, Kabid Pemdes dari Kantor BPMPR, Wawan, menjelaskan, dari hasil dialog tersebut katanya diperoleh kesepakatan, bahwa pelaksanaan Pilkades 177 desa dimajukan ke akhir Januari 2015, dan jabatan Kades tidak di PJS-kan selama kurun waktu bulan September hingga Januari 2015. " dua pointer tersebut akhirnya disepakati para pihak," ujar Dade Gunawan, Kades Cikuntul, Kecamatan Tempuran.(jay)

Subscribe for latest Apps and Games