Peran Patroli Polwan Harus Berkesinambungan Tertibkan Lalin dan Tangkal Dini Terjadinya Kejahatan


KARAWANG - Tampaknya peran patroli Polwan di tengah masyarakat guna melakukan sebuah penertiban Lalin (Lalu-lintas) dan tangkal dini terjadinya kejahatan, di negeri lumbung padi ini harus berkesinambungan. Hal ini, berkat keluesan, ketegasan dan tidak mau kompromi, ikut juga mendisiplinkan para pengendara, serta memberikan kenyamanan bagi rakyat dari ancaman pelaku yang berniat memerankan kejahatannya.
           Berdasarkan pemantuan di beberapa ruas jalan sentra keramaian, kematen, para anggota Polwan ini dalam bertugas lebih mengedepankan ketegasan terhadap para pelanggar lalin. Dicontohkan, pada jalur " one way" Jalan Kertabumi, jika ada pengendara sepeda motor atau mobil kepergok melawan arus, langsung ditindak dengan tilang.
           Menurut salah seorang anggota Polwan tadi, pengendara yang melawan arus pada jalur "One Way" dinilai sangat membahayakan para pengemudi yang benar menggunakan jalur tersebut. " pengemudi yang kepergok setelah kami beri pengertian bahwa yang bersangkutan salah mengambil jalan dan dampaknya bisa membahayakan pengendara yang benar mematuhi aturan lalin, langsu ditilang sebagai bentuk penjeraan," ujar salah seorang Polwan Polres Karawang, yang pekan kemarin, memergoki pengendara sepeda motor melawan arus lalin pada ruas jalan "One way" di jalan Arteri Kertabumi, depan kantor Dinas Bina Marga Karawang.
           Ketegasan para Polwan juga diperagakan, di pertigaan Pasar Kosambi, Klari sampai lintasan kereta api Jalan Tuparev Karawang, para kendaraan yang melawan arus atau menerobos lintasan pintu kereta api, sudah pasti diambil tindakan. Sebaba, pada titik-titik ruas jalan tersebut jika pengendara melawan arus dibiarkan, sudah bisa dipastikan bakal mencelakan pengendara yang benar melintasi ruas jalan tersebut.
            Menurut Ardi, salah seorang pemborong yang melihat langsung anggota Polwan di depan kantor Bina Marga Karawang tengah menindak pengendara sepeda motor melawan arus lalin "one way", peran Polwan untuk sebuah penertiban pada ruas jalan tertentu dan sentra keramaian, sangat dibutuhkan. Sebab, peran mereka dalam melakukan sebuah peringatakan kepada pengendara yang melanggar, benar-benar dibutuhkan dengan ketegasannya itu.
            Kemudian kata Ardi, peran patroli Polwan, di saat Karawang mengalami peningkatan di bidang Lalin dan ansipasi para pelaku kejatanan, harus ditingkatkan dan dilakukan secara berkesinambungan. Sehingga dengan dimaksimalkannnya peran Patroli Polwan tadi, setidaknya dapat mengeleminir dan memberi kenyamaan terhadap masyarakat yang melakukan berbagai aktivitas kegiatan, di Kabupaten karawang maupun mereka yang akan bepergian ke luar kabupaten pangkal perjuangan ini.
           Kanit Reg. Ident Polres Karawang, Iptu. Iis Puspita, mengatakan, sesuai tugas polisi dimana harus memberikan pelayanan, pengayoman dan memberikan kenyamanan terhadap masyarakat, jika perlu jiwa dan raga harus dikorbankan, kenapa tidak. " Tugas dan fungsi kami sebagai polisi dipersembahkan untuk rakyat di negeri ini," pungkasnya.(jay)

Subscribe for latest Apps and Games