Kampung Budaya Karawang tak Berbudaya?

Kampung Budaya Karawang tak Berbudaya?
KARAWANG -  Kampung budaya, yang berada di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, sempat ada yang mensinyalir  penilaian miring tidak berbudaya. Hal ini, patut diduga pembangunan yang sempat menghabiskan dana miliaran rupiah tersebut, peruntukan dan manfaatnya tidak sesuai harapan sebagain masyarakat yang tinggal di negeri lumbung padi.
        Belakangan  kampung budaya tadi,  menjadi sorotan Penjabat Bupati terkait dengan sarana  dan prasarana yang ada. Dicontohkan dari yang kecil saja seperti saluran air, yang diharuskan  memiliki saluran air yang baik. "  Setidaknya itu harus dimiliki oleh Kampung Budaya, " kata PJS. Bupati Karawang, Ir. Deddy Mulyadi.
Sejak dibuka pada bulan Agustus 2014 lalu, sampai saat ini memang Kampung Budaya belum terlalu memiliki banyak kegiatan seperti yang dahulu di proyeksikan sebagai pusat kesenian yang ada di Karawang. Padahal, Penjabat Bupati ke lokasi tersebut mengharapkan, keberadaannya  dapat menarik minat para seniman dan instansi terkait.
Guna lebih giat menjadikan kampung budaya sebagai pusat kesenian yang ada di Karawang, sebaiknya sering digelar  berbagai kegiatan kesenian seperti pementasan seni tradisional dan teater. Selain itu, harapan kedepannya   kampung budaya bukan hanya dijadikan sebagai tempat pusat kebudayaan saja tetapi, harus dibarengai  tempat pertemuan kepemerintahan dan juga sebagai tempat rekreasi masyarakat.
       Dalam hal ini, PJS. Bupati menekankan, agar kampung budaya dapat lebih dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di Karawang, maka harus  harus lebih di perhatikan terkait dengan sarana dan prasarana yang memadai. Sehingga, dengan terciptanya lingkungan yang resprensetatif tadi,  para seniman dan masyarakat dapat lebih nyaman menggunakannya
Kampung budaya merupakan tempat para seniman lokal untuk berekspresi dan berkarya. Sebuah tempat yang dirancang khusus untuk para seniman dan masyarakat umum yang mendidekasikan dunianya untuk turut melestarikan kesenian sunda khususnya kesenian tradisional yang ada di karawang, namun sampai saat ini memang belum banyak terdengar kabar tentang tempat wisata yang satu ini. Untuk itulah Penjabat Bupati Karawang Ir. Deddi Mulyadi beserta staf mengunjungi Kampung Budaya yang berlokasi di  Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Karawang, kemarin.
Dalam kunjungan tersebut Penjabat Bupati Karawang bertemu dengan para seniman – seniman yang ada di sana, beliau berbincang – bincang ringan membahas kesenian yang ada di karawang serta santap bersama di Saung Balakecrekan yang terletak di kompleks kampung budaya. Dalam lawatan tersebut Penjabat Bupati Karawang di temani dengan Kadisdikbudpar Karawang Oki Hermawan berkeliling lokasi kampung budaya melihat – lihat spot – spot yang ada seperti aula serba guna, saung – saung kecil, tempat pembuatan kerajinan – kerajinan ukir dari kayu, juga sekretariat Dewan Kesenian Karawang yang ada di kompleks tersebut.(jay)

Subscribe for latest Apps and Games