Bupati Karawang Pusing
Jika Muncul Pembuangan Limbah Bermasalah Pengepulnya Bos Tulus Lagi-Bos Tulus lagi
KARAWANG - Bupati Karawang, H. Ade Swara mengaku merasa pusing menyusul sering terjadinya pembuangan limbah B3 bermasalah  di sekitar perkampungan penduduk di kabupaten yang dipimpinnya, ternyata diketahui pengepulnya bos Tulus terus. Lebih parah lagi, saat pihak Pemkab melakukan penertiban di beberapa lokasi tempat pembuangan limbah B3 tadi ternyata di belakangannya diketahui ada oknum aparat penegak hukum ikut terlibat.
         Bupati mengakui, bahwa Bos Tulus selaku pengepul limbah B3 belakangan ini telah membuang limbah yang diduga berbahaya ke bekas galian pasir Dusun Udug-udug, Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel, Dusun Kalijaya, Desa Puseurjaya, Kecamatan Telukjambe Timur, areal pesawahan Dusun Tegalluhur, Desa Sukamakmur, Kecamatan Telukjambe Barat, Kampung Babakan Gebang Kelurahan Plawad, kecamatan Karawang Timur, Kampung Buher, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat. Dan bahkan yang terbaru Bos Tulus telah membuang limbah ke Desa Karangjati, Kecamatan Pedes. " Saya pernah menurunkan tim ke tempat pembungan limbah B3 Kampung Tamelang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Pangkalan, ternyata setelah diselidiki ada oknum polisi segala di belakanganya," kata bupati Karawang, Selasa malam (27/12) di ruang kerjanya saat menerima delegasi warga Mulyasejati, sukamakmur serta aktivis lingkungan hidup dari Langit Biru dan forum cinta Danau.
          Menurut Bupati, seharunya tidak terjadinya limbah B3 atau jenis apapun dari luar kabupaten masuk ke Kabupaten Karawang. Kenapa demikian?, selain Kabupaten Karawang belum memiliki tempat pengolahan limbah, TPS dan TPA untuk limbah B3, baik milik Pemkab maupun pihak swasta. " Kabupaten Karawang belum memiliki tempat pengolahan Limbah B3 seperti di daerah Cibinong," kata H. Ade Swara seraya menjelaskan ke dua warga desa yang belakangan ini perkampungannya dijadikan tempat penimbunan limbah b3 oleh Bos Tulus.
           Dalam hal ini, H. Ade Swara mengaku pernah mengunjungi gudang tempat pengolahan limbah B 3 milik Bos Tulus di Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, arealnya menempel di tanggul  saluran aliran air menuju Kali Malang. Namun kedatangan saya di situ bukan berarti melegalkan tempat pengolahan limbah tersebut, tetapi saya sebagai bupati telah dilapori bahwa di wilayah Kecamatan Ciampel ada Bos pengepul limbah yang disinyalir nakal.
            Bupati Karawang, H. Ade swara menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Ciampel, khususnya warga Desa Mulyasejati, agar jangan resah dan tetap tenang menyusul adanya kabar bahwa kecamatan itu akan dijadikan area zona pengolahan limbah B3. Baik bupati maupun pihak DPRD Karawang, kata H. Ade Swara, hingga kini belum menetapkan Kecamatan Ciampel bahan dijadikan zona tersebut.
             Namun kata, Bupati, baik Bupati maupun DPRD belakangan ini tengah berembuk bagaimana cara mengatasi pengolahan limbah yang berasal dari zona dan kawasan industri di Kabupaten Karawang itu sendiri. " Pemerintah Kabupaten Karawang antara legeslatif dan eksekutif sedang berembuk bagaimana bisa memiliki pengolahan limbah B3 seperti yang sudah berdiri di Cibinong Bogor, sehingga oprasionalnya tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat,' kata Bupati Karawang, H. Ade Swara. **










           


Subscribe for latest Apps and Games